Debutan Tim Robot Unitomo di KRI/KRCI 2012

Baru kali ini nama Universitas Dr. Soeotomo disebut-sebut dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) setelah hanya menjadi penonton saja. Pasalnya, baru pada KRI/KRCI 2012 ini Teknik Infomatika Unitomo mengirimkan sebuah Tim Robot untuk mengikuti kontest robot cerdas pada katagori robot beroda.
Tim Robot Unitomo yang yang menamakan diri sebagai About XI beranggotakan Agus Susanto alias Agus Kiwil, Firman Rachmansyah, Samsul Hadi alias Adhy, Bagus Hapsariwanto alias Agus Ztenk dan Puguh Wibowo. Tim robot debutan ini dibimbing oleh Bapak Syaiful Riza, S.Kom yang sekaligus sebagai inisiator terbentuknya tim robot.

Tim Robot About XI sedang mengatur ulang program robot

Pagi ini (12/5) About XI akan bertanding dalam wilayah regional Jawa Timur melawan tim dari PTN dan PTS lain seperti Universitas Brawijaya, ITS Surabaya, PENS Surabaya, Unika Widya Mandala, dan beberapa kampus lainnya. Tiga juara terbaik nantinya akan dikirim pada kontes robot tingkat nasional yang akan diselenggarakan di ITB Bandung.
Untuk bisa masuk pada kejuaran regional Jawa Timur yang diselenggarakan di Gedung Robotika ITS, Tim robot About XI harus lolos seleksi pertama berupa proposal rancang desain robot dan seleksi kedua berupa demo pergerakan robot. Jadi, pertandingan hari ini merupakan tahap ketiga yang harus dilalui untuk bisa menjadi juara regional jawa Timur.
Selain katagori robot beroda, dipertandingkan juga robot berkaki, humanoid (robot dengan 2 kaki) dan KRI (Kontes Robot Indonesia) yang mengadu kecepatan permainan secara langsung. Tahun depan, Tim robot Unitomo akan mencoba untuk turut serta pada kontes robot katagori robot berkaki.

Arena pertandingan KRI di Gedung Robotika ITS

Menurut Achmad Choiron selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik, keikutsertaan Teknik Informatika dalam kontes robot ini merupakan bagian dari pengembangan Jurusan Teknik Informatika Kurikulum 2011 dengan adanya bidang minat Robotika disamping Game Technology dan Software Engineering. Diharapkan menjadi pembangkit semangat untuk meraih prestasi. Tidak ada prestasi tanpa kompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *