Adobe Photoshop Menolak Membuka karena Uang Dollar

Spread the love

Ceritanya saya ingin membuat artikel tentang 2 lembar uang kertas yang ada di meja kerja untuk saya masukan ke blog. Kemudian kedua lembar uang tersebut saya tata rapi di atas keyboard notebook untuk difoto. Saya pun mengambil foto kedua uang tersebut dengan Canon D5200. Sampai di sini tidak ada masalah. Tidak ada yang baper dan menabrakan mobil Fortunernya ke tiang listrik, tiang lampu atau tiang gawang.

Choiron
Uang Kertas di Mejaku

Lah ndilalah, masalah muncul saat saya membuka file foto uang tersebut dengan aplikasi Adobe Photoshop. Sebuah pesan error yang belum pernah saya temui tampil di layar notebook. Tentu saja saya bingung mengapa hanya membuka foto saja kok muncul error.

Error Notification Adobe Photoshop

Seperti desainer grafis amatiran kebanyakan yang nilai TOEFL-nya di bawah rata-rata untuk lulus wisuda di ITS, saya langsung klik tombol Cancel tanpa membacanya. Saya pikir aplikasi saya saja yang error dan perlu di-restart. Namun setelah dibuka kembali, hasilnya tetap sama. Akhirnya saya mencoba memilih tombol Information yang ternyata malah membuka aplikasi Browser dan langsung membuka sebuah situs berbahasa Inggris di alamat https://rulesforuse.org/.

Website www.ruleforuse.org

Seperti yang mungkin sudah Anda duga. Jendela website tersebut langsung saya tutup tanpa saya baca isinya. (Tolong mahasiswa jangan dicontoh ya :D). Namun setelah 2x mencoba, akhirnya saya coba untuk memahami apa pesan error dan informasi yang ada di website tersebut. Alhamdulillah, ternyata saya baru paham kalau Adobe Photoshop menolak membuka file tersebut karena terindikasi gambar surat berharga atau uang yang tidak boleh dipalsu.

Jadi kesimpulannya, Adobe Photoshop punya semacam algoritma untuk mengecek apakah file tersebut merupakan gambar surat berharga atau uang yang tidak boleh direpro. Keren juga komitmen Adobe terhadap isu pemalsuan uang.

Oh ya. Lalu bagaimana akhirnya foto uang tersebut bisa diedit dan ditampilkan di blog? Saya coba buka pakai Microsoft Office Image editor yang ternyata belum dilengkapi dengan algoritma pendeteksi surat berharga dan uang. Hasil cropping-nya saya coba buka kembali dengan Adobe Photoshop, dan ternyata bisa! 😀

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *