Iklan Sedot WC di Kuala Lumpur

Spread the love

Seberapa sering Anda menemukan kertas iklan sedot wc dan badut ulang tahun di tiang listrik, jembatan dan tempat umum lainnya? Jawabannya ya, pasti sangat sering. Apalagi iklan rokok yang ditempel di pembatas lahan yang sedang dibangun. Rasanya iklan-iklan ini hanya menjadi polusi mata saja.

Namun tahukah Anda, bila kegiatan tempel menempel iklan kertas ini juga ada di Malaysia.Ā  Hanya di Malaysia, kondisi iklan tempel ini tidak semarak di kota-kota di Indonesia. Sepertinya, petugas kebersihan mereka juga rajin menyisir iklan-iklan tempel tersebut.

Ceritanya suatu pagi di hari kedua berada di Malaysia, selepas sarapan di resto hotel saya dan Pak Geri pun jalan-jalan pagi di sekitar hotel. Saat sedang berbincang santai, tak jauh dari kami berdiri seorang pria sambil memegang tas dan tampak resah sambil melihat ke kiri dan ke kanan berulang kali.

Tak lama kemudian pria tersebut mengeluarkan selembar kertas dan lem dari dalam tasnya dan mulai meratakan lem pada bagian belakang kertas, tetap dengan ekspresi cemas.

Berikutnya hal yang tidak saya duga, dia mendekati tiang bangunan di trotoar dan menempelkan kertas tersebut dengan cepat, lalu segera berlalu berjalan ke arah lain. Saat saya baca iklan tersebut, ternyata bukan iklan sedot wc, tetapi iklan sewa apartemen kalau tidak salah.

Seorang pria menempelkan iklan kertas di public area
Kertas iklan di public area

Kami berdua tersenyum melihat hasil karya pria tadi. Rupanya, ada juga orang yang menempelkan kertas untuk beriklan di tempat umum. Saya tidak tahu apa hukumannya bagi mereka yang tertangkap mengotori area umum dengan iklan kertas tersebut.

Namun kalau di Indonesia, rasanya hal tersebut masih dibiarkan saja. Padahal penindakannya mudah saja. Tinggal dihubungi saja pemilik usaha yang diiklankan dan berikan peringatan keras. Selama belum ada peringatan, teguran dan proses hukum, maka perilaku mengotori area publik dengan ikan kertas ala Sedot WC dan Badut Ulang Tahun, akan terus terjadi.

WC Anda perlu disedot Pak? šŸ˜€

1 thought on “Iklan Sedot WC di Kuala Lumpur

  1. klaudiaco Reply

    Hello All
    Thanks for checking out my academic writing page . My name is Klaudia.
    I have worked a long time in this niche. My interest in writing started at a young age. I wrote short stories as a child and eventually went on to work with my school newspaper.
    This early tryst into reporting eventually led me to academic writing. There is plenty of work for qualified writers. I specialize in dissertations , but have the skills to do all types of academic writing.
    Email me for more information about rates and a price quote. Iā€™m looking forward to helping you.

    Academic Writer ā€“ Klaudia Cooper ā€“ Italvideonews Corp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *