Mahasiswa, Kapan Mau Lulus?

Spread the love

Apa yang Anda rasakan bila Anda di posisi saya sebagai dosen, saat seorang mahasiswa datang menghadap dan bertanya, “Pak, saya mau aktif lagi kuliah. Apakah masih bisa?” Sementara dari NIMnya saja sudah bisa diketahui kalau dia angkatan lama dan masa studinya lebih dari 14 semester.

Saya pun bertanya, “Apakah dulu pernah cuti kuliah?” Dia menjawab dengan gelengan kepala. Itu berarti dia tidak aktif kuliah tanpa mengajukan cuti. Berat bagi saya untuk menyampaikan kalau dia sudah diDO dan tidak bisa lagi melanjutkan kuliah untuk menjadi sarjana, walaupun hanya tinggal Tugas Akhir atau skripsi saja. Ya, semoga dia bisa jadi orang sukses seperti Bill Gates, Steve Jobs atau Mark Zurkerberg. Aamiin….

Lain waktu, datang juga mahasiswa yang masa studinya tinggal 2 semester, sementara dia harus menempuh lebih dari 40 SKS termasuk mengulang matakuliah dan skripsi. Saya tekankan, kalau mau lulus, harus benar-benar berusaha keras, agar bisa lulus di sisa waktu. Kami di Fakultas dan Prodi, benar-benar dibuat deg-deg ser antar cemas, geregetan dan kasihan. Perjuangan panjang 7 tahun kuliah dengan waktu, tenaga dan uang yang tidak sedikit. Alhamdulillah akhirnya dia bisa lulus juga.

Namun cukup banyak mahasiswa yang sibuk kerja, sibuk jadi aktivis atau sok sibuk, yang akhirnya benar-benar direkomendasikan untuk pindah ke prodi lain atau kampus lain karena memang tidak akan bisa lulus dan DO.

Sebagai dosen dan lembaga pendidikan, kami sadari harus terus berbenah, agar jumlah lulusan bisa mencapai 100%. Mungkin sistem akademik dan administrasi kami yang perlu ditingkatkan, kemampaun kami memotivasi mahasiswa yang harus diupgrade, atau keperdulian, empati dan doa kami yang harus dilipatgandakan agar semuanya berhasil. Karena keberhasilan dan kebahagiaan mahasiswa saat lulus adalah keberhasilan dan kebahagiaan kami juga.

Lalu, wahai mahasiswaku yang baca tulisan ini, kapan kamu mau lulus?

Yudisium Mahasiswa Teknik Sipil
Yudisium Mahasiswa Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *