Wisuda di Kampus Vs. Luar Kampus

Spread the love
Drama 🙂

Suatu waktu di kampus muncul pembahasan tentang pelaksanaan wisuda, apakah akan diselenggarakan di kampus seperti waktu-waktu sebelumnya, atau akan diadakan di gedung pertemuan. Diskusi antara pro dan kontra pun dimulai.

Bagi yang pro kampus, mereka beralasan kalau wisuda di kampus itu untuk menunjukan kepada orang tua wisudawan kalau kita adalah perguruan tinggi yang punya kampus besar dan bukan tinggal di ruko seperti beberapa kampus kecil lainnya. Selain itu masih kata yang pro kampus, wisuda di kampus juga sebagai promosi dan membuat keluarga wisudawan senang foto-foto di landmark kampus.

Namun bagi yang pro luar kampus, wisuda di kampus itu banyak masalahnya. Tempatnya panas, penuh sesak dan membuat acara berkurang kesakralan dan ketertibannya saat suasana panas. Sebagai informasi, ruang auditorium hanya cukup untuk 500 orang, sehingga wisuda menggunakan tenda besar dengan pendingin kipas dan AC Stand yang hanya ada di depan. Saat acara sedang berlangsung, wisudawan dan orang tua sering kali meninggalkan acara lebih awal karena panas. Sedangkan bila acara diadakan di convention hall atau ballroom hotel, tidak dibutuhkan banyak panitia dan pekerjaan panitia jauh lebih ringan. Kesan mewah dan rasa nyaman juga terasa bila diadakan di luar kampus.

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk biaya sewa dan kenyamanan, akhirnya diputuskan untuk pertama kalinya wisuda diadakan di luar kampus. Sejak itu wisuda Unitomo berpindah-pindah dari Hotel Mercure, Dyandra Convention Hall hingga GrandCity Mall, tergantung dari jumlah peserta.

Demikian sekelumit cerita polemik tempat wisuda yang saat ini banyak disesali oleh alumni yang saat itu mereka diwisuda di kampus dan di bawah tenda penuh ‘kehangatan’.

Bravo Unitomo.
Bravo Mahasiswa.
Bravo Alumni.

Suasana Wisuda di Gedung
Suasana Wisuda di Gedung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *