Wajah Mencong Ditampar Makhluk Halus?

Spread the love
Rano Karno pernah mengalami Bell’s Palcy (foto: www.dream.co.id)

Bila kita hidup di daerah yang kurang akses informasi, orang yang wajahnya mencong pasti diduga hasil kerjaannya makhluk halus atau gaib. Si penderita diduga melakukan perbuatan atau ucapan yang tidak baik sehingga ditampar oleh ‘Seng baurekso’ dan wajahnya menjadi mencong. Begitulah, kurang pengetahuan membuat orang mudah salah persepsi dan akibatnya bukannya berobat ke dokter, malah pergi ke dukun dan menyalahkan orang lain sebagai pelaku guna-guna atau santet. Padahal, kasus tersebut karena adanya gangguan pada saraf nomer 7.

Saraf nomer 7 adalah saraf  yang mengontrol otot-otot yang berada pada wajah atau dikenal dengan istilah saraf Fascialis. Saraf ini yang mengatur perherakan bibir, mulut, mata, rahang dan seputar wajah. Gangguan pada saraf ini dikenal dengan nama Bell’s Palsy berupa kelumpuhan atau kelemahan pada satu bagian otot wajah sehingga wajah tampak mencong atau perot.

Namun pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat. Kasus wajah mencong seperti yang pernah dialami oleh Rano Karno, yang membuat wajahnya menjadi tampak tidak simetris dengan sisi wajah yang ketarik. Beruntuk setelah melakukan pengobatan dan terapi, wajah Rano Karno bisa sembuh kembali.

Apa penyebab Bell’s Palsy? Dari berbagai artikel, penyebab utamanya karena virus yang menyerang saraf nomer 7. Namun dari perkembangan berikutnya, Bell’s Palsy bisa juga disebabkan oleh paparan udara dingin AC yang mengenai wajah secara langsung. Mereka yang berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama, rentan terkena Bell’s Palsy. Mereka yang baru saja dari luar ruangan yang panas dan tiba-tiba masuk ke ruangan ber-AC, juga rawan terkena Bell’s Palsy. Oleh karena itu, sebaiknya AC di ruangan diberi panel semacam acrylic agar udara AC tidak langsung mengenai wajah atau tubuh kita.

Selain AC, biker dengan helm half face juga rentan terkena gangguan Bell’s Palsy. Udara malam yang dingin, sering kali dibiarkan menerpa wajah saat berkendara. Oleh karena itu, gunakan masker atau helm full face yang akan melindungi wajah Anda dari angin dingin penyebab Bell’s Palsy.

Apakah mengendari mobil bisa aman dari Bell’s Palsy? Tentu tidak. AC mobil juga bisa menjadi penyebab Bell’s Palsy. Saat udara di luar begitu panas, umumnya pengendara masuk mobil dan mengatur suhu dan kipas pada level sangat dingin. Saya pernah mengalaminya. Saat itu mobil baru yang saya gunakan, AC-nya begitu dingin dan saya biarkan berbulan-bulan mengenai bahu kanan secara langsung. Setelah 3 bulan, bahu dan lengan kanan atas saya sakit dan sulit digerakan. Hampir 1 bulan saya berusaha menormalkan kembali bahu dan lengan atas, agar bisa kembali bergerak bebas. Beruntung angin AC mobil tidak pernah saya arahkan ke wajah secara langsung. Bisa-bisa wajah saya mengalamu Bell’s Palsy dan jadi tidak bagus untuk foto selfie.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *