Pulsa Saya Dirampok PopCall 5550

Spread the love

Ceritanya saat kemarin dapat SMS dari 5550. Biasanya saya abaikan SMS (Short Message Service) promosi untuk registrasi berlangganan fitur-fitur tidak jelas seperti RBT (Ring Back Tone) atau lainnya. Namun kali ini saya tertarik untuk membaca SMSnya. Ternyata, pesan dalam SMS tersebut adalah informasi perpanjangan berlangganan PopCall yang saya sendiri tidak tahu apa itu PopCall. Disebutkan kalau biaya perpanjangan-nya sebesar 11 ribu/30 hari. Seperti biasa, karena tidak pernah merasa registrasi layanan PopCall, SMS tersebut saya abaikan. Saya sempatkan untuk memeriksa pulsa dengan *123# untuk kartu XL, dan pulsa masih tersedia 43 ribu lebih.

Layanan PopCall dari 5550 di kartu XL Dimulai sejak Nopember 2017 tanpa pernah ada registrasi, SMS berhenti berlangganan

Pagi ini, saya lihat sebuah SMS masuk dari 5550 yang menyatakan kalau Popcall sudah bisa digunakan. Saat saya periksa pulsa, benar saja, pulsa berkurang 11 ribu. Itu artinya pulsa saya telah dirampok layanan Popcall 5550 yang saya tidak pernah registrasi.

Saya pun menelusuri SMS yang masuk dari 5550, dan ternyata perpanjangan Popcall pertama terjadi pada Deseber 2017. Dari data SMS, ternyata 3x Popcall merampok pulsa saya sebesar 11 ribu x 3 = 33 ribu. Sebenarnya bisa lebih dari 3x, tetapi beberapa kali pulsa tidak cukup untuk mereka rampok.

Akhirnya, saya menciba untuk meng-UNREG dengan mengetikan *123*5500# dan berhasil dengan mendapatkan SMS kalau sudah tidak lagi terdaftar pada layanan PopCall.

Yang saya sesalkan, mengapa XL bisa membiarkan sistem layanan PopCall ini mengambil pulsa pelanggannya, walaupun tidak pernah melakukan registrasi sebelumnya. Saya sudah pastikan kalau memang saya tidak pernah registrasi layanan PopCall dan tidak pernah ada SMS juga yang menyatakan saya mulai berlangganan layanan tersebut.

Kasus Pencurian Pulsa sampai masuk ranah hukum, tahun 2011

Sejarah Berulang

Kasus pencurian pulsa dengan model registrasi layanan di mobile phone, sebenarnya pernah terjadi di tahun 2009-2011. Saat itu nama layanannya berupa RBT (Ring Back Tone)  dan SMS Nasihat Berlangganan, seperti yang pernah dikomersialkan oleh Aa Gym. Banyak korban dari RBT dan SMS berlangganan tersebut. Bahkan mereka yang melakukan registrasi dipersulit untuk berhenti berlangganan (UNREG). Saat itu juga saya mengalami masalah dirampok sama layanan SMS berlangganan, sampai akhirnya saya ganti kartu dan tidak pernah berani berlangganan SMS dan layanan aneh-aneh. Ternyata walaupun tidak berlangganan, masih bisa dirampok juga oleh layanan tersebut. Hasil akhirnya, Komisi di DPR dan YLKI turun tangan dan penyedia layanan RBT divonis bersalah.

Pencurian pulsa oleh layanan PopCall, ternyata sudah cukup banyak. Dari hasil googling, didapat beberapa kasus yang sama.

  1. Pernahkah Merasa Dirugikan oleh Layanan XL Axiata
  2. Begini caranya agar pulsa tidak selalu
  3. Pulsa terpotong otomatis oleh xl tanpa konfirmasi lagi pop call

Jadi, bila Anda menerima SMS dari layanan yang tidak jelas tersebut, perlu diperhatikan dan jangan abai, karena siapa tahu ternyata Anda sudah terdaftar di layanan yang menguras pulsa Anda, tanpa Anda melakukan registrasi sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *