Android pada Desain Antarmuka (User Interface Design)

Sebelum membaca posting ini, saya sarankan anda untuk membaca terlebih dulu mengapa dan apa itu android di http://blog.unitomo.ac.id/dwicah/2012/05/22/mengapa-dan-apa-itu-android/
untuk menambah wawasan dasar anda tentang android.
Framework Structure & Flow 
Apa yang membuat pengalaman user Android berbeda ?
  • Multitasking yang support dengan background processing
  • Notifikasi Ongoing and event-driven
  • Real-time data views melalui widgets dan live folders
  • Android bukan tentang aplikasi, tetapi tentang aktifitas dengan lapisan pekerjaan yang dapat diciptakan
 Apa yang membuat pengalaman user Android berbeda ?

  • Beberapa aplikasi mengijinkan penyebaran  data pada aplikasi lain (ex. Sinkronisasi google account, facebook account pada kontak)
  • Android tentang penggunaan berkas dari pada aliran linear (at least that’s what they say at Google)
Framework Dasar
Hardware Platform
  • Merupakan perkawinan harmonis antara hardware dan software OS, tombol navigasi membantu navigasi dan memberikan pengaruh besar pada android.
Fokus dan Menu
  • Tidak ada fokus untuk touchsreen, fokus diberikan pada gadget dengan mode trackball atau trackpad untuk mengakses menu.
Portrait dan Lanscape
  • Tersedia mode Portrait (berdiri) dan Lanscape (tidur) yang peralihannya otomatis.
Desain untuk kecepatan dan kesederhana
  • Buat secara berhierarki
  • Dapat di-minimize
  • Gunakan lazy loading, jangan minta user untuk menunggu aktifitas load data sampai selesai.
Human Interface Principles 
Keragaman dialog pada android
  • Berbasis Icon
  • Berbasis Menu
  • Manipulasi langsung (Direct Manipulation)
  • Berbasis interaksi grafis
Berbasis Icon
Akses aplikasi disajikan dalam bentuk icon-icon dalam launcher
Berbasis Menu
Akses aplikasi juga disajikan dalam bentuk menu-menu menarik
Manipulasi langsung (Direct Manipulation)
Android juga memikili kekuatan dalam melakukan manipulasi langsung, contoh play dan pause video, game dsb.
Karakteristik UI android
  • Inisiatif
  • Keluwesan
  • Kompleksitas
  • Kekuatan
  • Beban Informasi
  • Konsistensi
  • Umpan balik
  • Observabilitas
  • Kontrolabilitas
  • Efisiensi
Inisiatif
  • Inisiatif oleh sistem – Pengguna memberikan tanggapan atas arahan dari aplikasi contoh memasukkan user dan password –Definisi himpunan yang ditetapkan sebelumnya –Contoh: Download,Watch
  • Inisiatif oleh pengguna –Meminta untuk dilayani

Keluwesan

  • Personalisasi widget
  • Kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewat cara yang berbeda ex. shortcut

Kompleksitas
  • Pengelompokan
  • hirarki
  • Secara default pengelompokan dan hirarki aplikasi tidak nampak, tetapi android punya kemampuan untuk personalisasi aplikasi dengan mengelompokannya dalam folder
Kekuatan
  • Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk sebuah perintah – Pengguna merasa tersiksa bila harus menempuh jalan panjang untuk mengakses aplikasi (sediakan sortcut),
  • pada android penyajian aplikasi dapat dicustom, aplikasi yang sering diakses dapat ditempatkan dalam home screen selebihnya dalam menu.
  • Pengamanan terhadap kemampuan yang destruktif, pada android mulai versi 2.1 éclair keatas sudah diberikan fitur multiple selection untuk delete, copy-paste, kirim dsb. Select all/delete elements
  • Kurang kuat saat hapus multiple selection file (tidak ada tanggapan sistem tentang sesuatu yang dihapus, misal hapus semua file?)
 Beban Informasi
  • Bertahap –Halaman (page by page) –Modul (modul-modul) –Scroll
  • Disesuaikan dengan konteks – Contextual help
Konsistensi
  • Ekstrapolasi pengetahuan (analogi) untuk opsi-opsi baru –Saya biasanya memakai .
  • Sintaks/keyword yang baku/standar –Warna, suara, dialog–Bahaya, reminder, warning, notifikasi
  • Pengelompokan
  • Tata letak
  • Format
Umpan balik
  • Respon dari sistem atas satu perintah–Ok, command error–Button yang ditekan
  • Observability–Dapat diamati, misal indikator progress–Menyembunyikan detail rumit
  • Controlability–Dapat dikendalikan–Ke mana akan pergi, sampai di mana, apakah dapat dibatalkan
Kesimpulan
  • Secara keseluruhan OS Android Sudah memenuhi semua kriteria dalam kaidah dalam membangun UI yang bagus
  • Masih belum ada respon sistem tentang penghapusan banyak (file atau yang lain) sehingga mengurangi nilai kekuatan dari OS ini
  • Masih terdapat beberapa aplikasi yang belum bisa berjalan pada beberapa mesin gadget (contoh : screen capture shortcut bisa berjalan pada OS versi froyo yang tidak bisa berjalan pada versi éclair terkait dg perkembangan versi)
  • Ponsel Android adalah ponsel Internet, ini menjadi kekurangan atau bahkan kelebihannya, banyak tinjaunnya
  • Segala sesuatu dimulai dari download aplikasi, update, sampai dengan sinkronisasi selalu terhubung dengan internet, hal ini akan menjadi kekurangan apabila kita berada pada daerah dengan jangkauan signal gprs, 3G, hsdp dsb yang terbatas maka koneksinya jg akan lambat, disisi biaya juga mahal
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *