Talkshow “Bersama PERWIRA Mencetak Kemandirian Anak Bangsa dan Mengangkat Potensi Wisata”

Spread the love

 

“Bersama perwira mencetak kemandirian anak bangsa dan mengangkat potensi wisata”

https://youtu.be/T2zEll2pIH4

Hari ini dipercaya Organisasi Perkumpulan Perempuan wirausaha (Perwira) untuk sharing mengenai topik yg merupakan bagian dari kualitas sebuah bangsa. Acara ini di persembahkan oleh Bang Wetan Festival di Exhibition Hall, Grand City, Surabaya pada hari Sabtu 27 Januari 2018.

Kegiatan ini adalah kegiatan nyata dari insan-insan peduli bangsa. Bagaimana tidak, wanita-wanita ini begitu semangat hadir dari beberapa daerah di jatim (Gresik, Lamongan, Bangkalan, Sidoarjo dll) untuk turut menyaksikan acara talkshow dan meramaikan stand batik+aksesori Perwira dalam pameran batik yang diselenggarakan Bang Wetan.

Menggunakan costume by Sari Ronche yang terkenal dengan bordiran spesialnya, saya mulai bicara tentang tantangan perguruan tinggi dalam menciptkan lulusan yang unggul. Unggul yang bagaimana? Mengantongi ijasah dan selesai semuanya? Tragis memang jika kita melihat fenomena bahwa seorang insinyur tidak jauh lebih expert dari seorang tukang bangunan dalam hal penerapan ilmu di lapangan. Sehingga peran perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja adalah tantangannya. Ini yang kita sebut dengan kemandirian anak bangsa!!!

Sinergi dengan program Perwira dalam mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan dengan penandatanganan kerjasama bersama Badan diklat industri Surabaya untuk mengirimkan para pencari kerja untuk mengikuti program 3 in 1, yakni Dilatih, Diuji dan di salurkan. Perwira di target memasukkan tenaga kerja sebanyak 20.000 selama masa kontrak 5 tahun. Nyata!!! Tak hanya nyata dalam wacana-wacana tetapi juga nyata dalam pergerakan peningkatan kualitas anak bangsa.

  • Dilatih, para pengagguran usia produktif di latih bidang garmen dan elektronik.
  • Diuji, untuk diberikan sertifikat kompetensi dari BNSP dan Badan diklat Industri.
  • DIsalurkan, langsung dikirim ke Sritex Solo untuk produksi baju expor.

Saya juga share mengenai kunjungan ke badan diklat industri Surabaya, Perwira hadir untuk penandatangan MoU dan memberikan motivasi kepada para peserta diklat disana. Hal menarik adalah ketika melihat kamar-kamar asrama bangunan baru, bersih  dan ber AC !! Enak banget gak sih? akomodasi di tanggung, diklat gratis, makan gratis diberi sertifikat dari lembaga kompeten dan juga di salurkan bekerja. Belum selesai, di beri uang saku dibulan pertama kerja!

Kerja nyata Perwira dalam mencetak kemandirian anak bangsa!!

Saya tidak sendiri, bersama dengan ibu Hj Farida Iriyani (Ketua Perwira JAtim) yang memberikan materi tentang pariwisata dengan program-program promosi Perwira dalam mengangkat wisata daerah.

Hingga akhir acara dibagikan 6 goodie bag untuk peserta yang bertanya. Ada yang menarik, ketika yang bertanya ada seorang gadis muda cantik dan terakhir diketahui seorang mahasiswi Universitas Airlangga, ternyata 1 almamater dengan saya. Pertanyaannya adalah, “Apakah program Perwira sudah di share ke media sosial?’ Ah generasi Milenial, untungnya saya mengikuti perkembangan media. Dengan lantang saya jawa “Sure”!!!

 

 

One Reply to “Talkshow “Bersama PERWIRA Mencetak Kemandirian Anak Bangsa dan Mengangkat Potensi Wisata””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *