Masuk TV Ngomongin StartUp dan Komunitas di SBOTV

Spread the love

Ceritanya, jumat lalu (24/12/2017) saya dimasukan ke WAG SBO Refleksi Startup 2017 oleh Mas Bambang Wahyudi dari Facebook Developer Circles: Surabaya. Ternyata di WAG tersebut sudah banyak teman-teman lain juga yang saya kenal. Salahsatunya adalah Mas Irsyad yang memang aktif sebagai pelaku startup.

Singkat cerita, group tersebut dibentuk untuk rencana siaran live di SBOTV yang akan diadakan pada tanggal 26/12/2017 pukul 18.30-19.30 di Studio SBOTV. Saat di WAG dibuat list siapa yang bersedia hadir, saya belum tertarik untuk memasukan nama saya di list “Tamu Nara Sumber dan Audience”. Walau saya pernah mengajar Technopreneurship dan turut serta di beberapa kegiatan pemberdayaan UMKM bersama UPT PPTK Provinsi Jawa Timur, namun saya masih ragu untuk ikut acara tersebut pas di hari libur. Akhirnya saya memutuskan memasukan nama saya dalam daftar sekaligus wakil dari akademisi dengan pertimbangan menambah pengalaman berkumpul dengan teman-teman startup dan komunitas.

Walau acara baru dimulai jam 18.30, namun di WAG disampaikan untuk hadir jam 17, karena akan ada pengarahan. Saya pun berangkat jam 16.15 dengan perkiraan jalanan sepi sehingga bisa sampai di Gedung Graha Pena sekitar jam 16.45. Sesampai di Graha Pena, saya langsung naik ke lantai 21, lokasi kantor dan studio SBOTV.

Kantor dan Studio SBOTV terletak di lantai 21, sementara lift hanya sampai di antai 20. Ternyata saya harus naik 1 lantai lagi melalui tangga darurat, untuk mencapai lantai 21. Setelah melewati pintu utama, bukannya langsung ke studio, saya malah kesasar ke ruang kerja reporter SBOTV. Jadilah saya menunggu teman-teman yang hadir di ruang kerja tersebut. Tampak beberapa anak muda sedang browsing, lihat video di youtube dan sebagian lagi asyik juga di depan komputernya masing-masing. Setelah 15 menit, saya bergeser mencari ruang studio tempat acara.

Selfie dulu sebagai dosen jaman now

Di ruangan studio, saya bertemu dengan Mas Bambang Wahyudi dari Dev Circles, Mas David Boy Tonara dari Tavest.com, Mas Budianto dari Maempedia.com dan teman-teman lainnya yang masih muda-muda dan bersemangat. Rasanya, hanya saya yang mewakili jaman old dengan jenggot putih saya. Saya sempat berbincang-bincang dengan audience yang lainnya, terutama dengan Mas Budianto dan Mas David yang penuh semangat dengan dalam dunia startup.

Sampai menjelang acara dimulai, ternyata tidak ada briefing dan siapa sebagai apa di acara tersebut. Mbak Ike Dianingtyas dari DataUtama.net.id yang menjadi pengarah baru memplot siapa saja yang maju di depan sebagai nara sumber sekitar 5 menit sebelum on air. Karena saya satu-satunya yang berasal dari kampus, akhirnya saya diminta untuk duduk di depan bersama Mbak Ike dan Mas Bambang.

Sebenarnya saya sudah mempersiapkan data di handphone agar bisa berbicara berdasarkan data bukan sekedar opini. Namun karena tidak ada pengarahan akan materi yang akan dibahas, saya pun hanya menyiapkan konsep perkembangan startup dan selebihnya mengikuti saja apa yang akan dibahas oleh pembawa acara.

Pada saat on air, perkembangan startup, sistem keamanan jaringan dan kesiapan Unitomo untuk menjadi tempat berkumpul komunitas sempat saya sampaikan. Untuk lengkapnya, sila saksikan videonya dari channel SBOTV di bawah ini.

Demikian pengalaman saya pertama kali tampil di televisi sebagai nara sumber. Ini merupakan pengalaman yang seru bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai komunitas, seperti dari startup, komunitas Surabaya Hackerlink, komunitas Blackhat, komunitas pemrograman, dan banyak lagi lainnya. Saya jadi tergerak untuk menuliskan materi kuliah technopreneurship yang pernah saya ampu dan sekaligus mendirikan lembaga inkubator di kampus bagi mahasiswa dan alumni.

Nara sumber dan Audience berfoto bersama (Foto: Mas Bambang W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *