Ada Pak Ridwan Kamil di Balik Sukses Bu Risma

Spread the love

Di tangan Bu Risma, Surabaya meraih berbagai penghargaan sebagai kota yang maju dan indah. Hal ini tidak lepas dari tangan dingin Bu Risma dalam memaksimalkan APBD Surabaya untuk pembangunan, di samping pelaksanaan program kerja yang luar biasa untuk membengun dan memeliharanya. Tanpa pemimpin yang baik dan kompeten, mungkin membangun saja bisa, tetapi tidak bisa memeliharanya seperti yang disampaikan oleh Wagub Jakarta terkait rusaknya RPTRA Kalijodo saat ini.

Namun tahukan Anda, ada campur tangan Pak Ridwan Kamil mantan Walikota Bandung yang saat ini baru saja terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat. Masterplan Kota Surabaya dirancang dan dibuat oleh Pak Ridwan Kamil di saat Wali kotanya dijabat oleh Pak Bambang DH, untuk menjadi tata kota kelas dunia.

Kisahnya dimulai saat Pak Bambang DH mendengar ada orang Indonesia yang bekerja sebagai arsitek kelas dunia. Akhirnya Pak Bambang DH mengundang Pak Ridwan Kamil untuk mendesain ulang tata kota Surabaya. Hal yang paling ditekankan pertama kali oleh Pak Ridwan Kamil adalah kesimbangan komposisi antara pembangunan dengan ruang terbuka hijau (RTH). Tidak heran bila Pak Bambang DH kemudian mencoba mengembalikan semua RTH yang banyak disalahgunakan untuk berbagai kepentingan, akhirnya dikembalikan ke fungsi aslinya. Ada beberapa SPBU seperti di Kebun Bibit, dan beberapa jalur hijau, digusur dan dijadikan taman atau fasilitas umum lainnya. Akibatnya, Pak Bambang DH banyak dimusuhi oleh baik di internal partainya maupun orang-orang yang kepentingannya tergusur. Saat itu Bu Risma menjabat sebagai Bappeko dan dinilai berhasil mengeksekusi kebijakan Bambang DH dalam menata kota Surabaya. Keberhasilan ini lah yang kemudian menghantarkan Bu Risma untuk dicalonkan menjadi wali kota, walau bukan merupakan orang partai.

Memang perencana yang bagus saja tidak cukup. Harus ada orang yang mampu mewujudkan semua rencana tata kota yang telah dibuat oleh Ridwal Kamil sebagai arsitek Kota Surabaya. Bila tidak, akan mangkrak seperti Bandara Kertajati yang pernah mangkrak 10 tahun dan Candi Hambalang yang entah sampai kapan.

Selamat untuk Kota Surabaya, Selamat untuk Bu Risma, dan Pak Ridwan Kamil juga. Di tangan pemimpin yang amanah, tegas dan mau bekerja, Indonesia akan terus maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *