Jeepney, Ikon Angkutan Rakyat Philippine

Spread the love

Bila ditanya, apa ikon angkutan yang paling fenomenal di Philippine, jawabannya pasti Jeepney. Bentuknya yang panjang dan besar, dengan warna-warni yang mencolok, terkadang didominasi warna chrome, membuat angkutan rakyat ini benar-benar menarik perhatian. Melihat bodinya yang kokoh, boleh dibilang angkutan ini menjadi raja jalanan di Philippine.

Jeepney sendiri memang awalnya merupakan mobil Jeep buatan Amerika yang kemudian dimodifikasi dengan tempat duduk memanjang ala angkot Surabaya, sehingga bisa memuat 10-15 orang. Melihat bentuknya, angkutan ini dibuat oleh karoseri lokal dan bukan hasil pabrik otomotif. Ciri khasnya sama, bagian depan seperti mobil Jeep pada umumnya dengan kap mesin lebar dan bumper besar dan kuat.

Pintu penumpang berada pada bagian belakang. Sedangkan bagian samping berupa jendela tanpa kaca yang dilengkap dengan tirai plastik atau terpal untuk penutup saat hujan. Bisa dibayangkan angin berobosnya atau bahkan panas udara saat di siang hari di musim panas. Suhu udara di siang hari di Philippine bisa mencapai 40 derajat celcius saat musim kemarau atau panas.

Sebagai ikon, Jeepney tidak ketinggalan tercetak di kaos-kaos dan gantungan kunci berbetuk Jeepney. Namun demikian, saya belum sempat merasakan naik angkutan ini selama di Makati dan Manila. Anda mau mencoba? Saya sih tidak. Karena mereka tidak mengerti kalimat, “Kiri Pak,” saat saya akan berhenti. 😀

“Settop Pak Sopir….” 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *