Update Peringkat Webometrics Unitomo Semester 1 2018

Spread the love

Sebenarnya webometrics.info telah melakukan updating peringkat universitas versi mereka pada Januari 2018. Namun saya baru mengamati hasilnya pada akhir bulan Maret yang lalu.

Seperti yang terlihat pada tabel, peringkat Unitomo pada webometrics.info sejak tahun 2014 mengalami penurunan tajam yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun laporan pada tahun 2018 yang merupakan hasil dari analisis sepanjang semester ke-2 tahun 2017, peringkat Unitomo menunjukkan peningkatan signifikan dari 250-an menjadi 205.

Beberapa hal yang saya duga menjadi penyebab kenaikan ini adalah mulai menggeliatnya jumlah sebaran dokumen yang menggunakan basis domain unitomo.ac.id sebagai identitas. Seperti kita tahu, di tahun 2017 Unitomo sangat giat menggalakkan penelitian/pengabdian baik di tingkat lokal institusi (DIPA) maupun nasional melalui hibah bersaing. Hal tersebut berakibat meningkatnya jumlah upload dokumen laporan (repository) serta tentu saja jumlah akses halaman ke web Unitomo.

Disamping itu, beberapa sub domain unitomo.ac.id muncul dengan jumlah pengguna dan akses dokumen yang masif juga sangat mungkin turut mempengaruhi peningkatan peringkat ini. Beberapa diantaranya adalah elearning, ejournal, dan tentu saja kumpulan blog dosen ini.

Bagaimana peringkat untuk semester 2 tahun 2018? Tentu saya berharap akan terus meningkat, mengingat Unitomo tertinggal cukup jauh dari beberapa tetangga terdekat. Namun ada perubahan yang cukup menarik di web utama unitomo.ac.id pada minggu-minggu terakhir ini (bulan April 2018). Yaitu transformasi dari website berbasis CMS WordPress yang sudah dikenal sangat SEO friendly menjadi website berbasis framework (???) yang lain. CMS WordPress sebenarnya sudah cukup baik dalam hal building, update contents, maupun optimalisasi pada mesin pencari. Bahkan Universitas sekelas MIT (https://libraries.mit.edu/), Harvard (https://orgs.law.harvard.edu/), Stanford (https://www.stanford.edu/), Oxford (http://blogs.it.ox.ac.uk/), maupun Washington (https://www.washington.edu/) menggunakan CMS WordPress untuk website mereka. Jadi tidak salah kalau dulu dipilih oleh pengembang website Unitomo 😀

Yang perlu dikhawatirkan dari perubahan ini adalah kemungkinan hilangnya ribuan existing links dari website lama (ada sekitar 10.000 links) yang menyebabkan de-indexing oleh mesin pencari Google, dan muaranya adalah pages dan jumlah visitor yang akan menurun. Tapi kita lihat saja nanti, karena pasti ada alasan teknikal yang cukup kuat untuk perubahan ini  🙂

Berikut Tabel Peringkat Unitomo diantara  Universitas di Indonesia versi webometrics.info 2014-2018(Jan)

Tahun Peringkat
2014 158
2015 183
2016 222
2017 250
2018 205

2 thoughts on “Update Peringkat Webometrics Unitomo Semester 1 2018

  1. Sumartono Reply

    Pak budi memang topp… jayalah unitomo kedepan.. semoga peringkatnya selalu maik tiap tahun.. atas dukungan temen dosen dan institusi..

    • budisanto Post authorReply

      bukan saya yang top, saya cuma melaporkan saja 😀 😀
      ini hasil kerja keras semua pihak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *